ikut yukk

Senin, 01 Februari 2010

Gangliosida


Ketika seorang anak baru dilahirkan, anak memiliki 100 sel otak yang masih belum terhubung. adalah GA (gangliosida) yang dapat membantu keseratus sel otak tersebut dapat terhubung dengan cepat.

Apakah GA itu ?

GA(Gangliosida) adalah kompleks lemak dan karbohidrat (glikosfingolipid) yang mengandung N-acetylneuremanic acid. GA meliputi 10% total lemak di otak, dengan kosentrasi tinggi yaitu pada otak besar, selain pada otak GA sering ditemukan di organ-organ seperti hati, paru-paru, limpa dan mukosa usus, akan tetapi kandungan GA di otak 15 kali lebih tinggi dibandinkan dengan Hati, Paru-paru dan limpa, bahkan 500 kali lebih tinggi dari pada mukosa usus.

Di otak GA sering ditemukan pada dinding sel syaraf terutama pada dendrit dan ujung syaraf.

Apa fungsinya?

GA memiliki fungsi sebagai berikut:

· Pembentukan struktur membran atau dinding sel syaraf otak terutama pada akson, dendrit dan ujung sel syaraf

· Proses pembentukan meilin(serabut-serabut sel syaraf)

· Mempertahankan integritas akson dan meilin sehingga sel syaraf dapat menjalankan funsinya dengan baik.

· Pembentukan dendrit, sinapsis, serat percabangan sel saraf.

Dimana adanya?

GA banyak ditemukan pada ASI ( air susu ibu) apalagi dalam jangka waktu seminggu setelah melahirkan. Dalam ASI terdapat dua jenis Gangliosida yaitu: GD3(disialogangliosides 3) yang mendominasi ketika awal menyusui yang berkadar 2-8 mcg/ml, dan GM3(monosialoganliosides 3) yang mendominasi ketika akhir menyusui yang berkadar 2-14 mcg/ml. GA juga terdapat pada asupan makanan seperti daging, susu formula, dan telur, namu ASI lebih banyak mengandungGA dari pada dalam makanan lain.

1 komentar: